Pengujian BTR-4 Korps Marinir TNI AL oleh Biro Desain Morozov

Berlokasi di waduk Saltov, Pechenihy, Kharkov, Biro Desain “Kharkiv Morozov Machine Building Design Bureau(KMDB)” telah melakukan beberapa seri pengujian kemampuan kendaraan tempur BTR-4 untuk mengarungi rintangan air. Ranpur asal Ukraina ini memiliki pelbagai varian dengan perbedaan pada aksesoris; Contohnya mesin baru, tambahan perlengkapan, berbagai jenis senjata, kabin transpor yang lebih luas (untuk mengakomodir perlengkapan medis), dll.  Biro Desain Morozov juga mengembangkan versi zeni dari BTR-4 sebagai varian untuk memperbaiki dan menderek ranpur ke tempat aman.

BTR4

BTR-4

Dalam pembuatan BTR-4, Biro Desain Morozov kerap berkolaborasi dengan Akademi Garda Nasional Ukraina, dimana pengujian rintangan air untuk BTR-4 dilakukan. Hasil pengujian menunjukkan ranpur BTR-4 dengan mudah menyeberangi rintangan air, secara cepat dan dengan manuver yang baik. BTR-4 juga dapat menaiki atau menuruni permukaan dengan sudut 25°, sehingga tidak menemui kesulitan berarti dalam memasuki air.

Ranpur BTR-4 dengan konfigurasi yang diuji tersebut merupakan pesanan Korps Marinir TNI AL, dimana pada Februari 2014 telah disepakati draft kontrak pengadaan 5 (lima) unit BTR-4 untuk KorMar TNI AL.

Video pengujian BTR-4 “Bucephalus” dapat dilihat di:
{youtube}v=Qei9v52FhiY&feature=youtu.be{/youtube}

Leave a Reply