Idul Fitri Dalam Latihan RIMPAC 2016

Ditengah-tengah padatnya jadwal latihan dalam rangkaian kegiatan RIMPAC exercise 2016, para prajurit petarung Korps Marinir merayakan hari raya Idul Fitri 1437 H, yang jatuh pada tanggal 6 juli 2016 di Marine Corps Base, Kaneohe Bay-Hawaii. Perayaan hari kemenangan yang dirayakan oleh umat muslim di seluruh dunia ini diselenggarakan oleh Satgas RIMPAC Korps Marinir berkoordinasi dengan pihak 3rd Marines Regiment sebagai induk organisasi tugas provisional Marines Expeditionary Brigade-Hawaii Integration Force dalam RIMPAC exercise kali ini. 

Pihak 3rd Marines Regiment menanggapi positif keinginan para prajurit Korps Marinir dengan menyediakan tempat sholat Ied di lapangan apel ksatrian mereka. Sekaligus memanggilkan Dr. ismail elsikh, Ph.d. sebagai imam besar muslim association di Hawaii. Dalam kesehariannya, ia juga menjabat sebagai salah satu profesor di Islamic University of Minnesota. 

Perayaan Eid Mubarak atau hari raya Idul Fitri ini diikuti oleh berbagai prajurit multi national yang terdiri dari 42 prajurit korps marinir, 19 tentera darat malaysia dan para anggota usmc yang beragama islam. Diawali dengan pelaksanaan sholat ied pada pukul 08.00 waktu setempat dan dilanjutkan dengan ceramah serta makan bersama sebagai ungkapan rasa syukur. 

Perayaan hari raya Idul Fitri 1437 H ini juga menyiratkan karakter prajurit Korps Marinir yang religious. Sekaligus menjadi pelecut semangat untuk terus konsisten menampilkan kemampuan terbaik sebagai duta bangsa dalam latihan aspek maritim terbesar yang diikuti oleh 27 negara di kawasan asia pasiifik. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *