Pelindung Kokoh Sang Raja: Mercedes-Maybach S600 “Guard”

 
Seperti termaktub dalam artikel mengenai kedatangan pesawat Saudia yang mengantar logistik persiapan kunjungan kenegaraan Raja Saudi Arabia ke Indonesia, terdapat sebuah kargo yang menarik perhatian, berupa dua unit Mercedes-Maybach S600 “Guard” yang tiba di Denpasar pada tanggal 18 Januari 2017 dengan maskapai penerbangan Saudi Arabian SV 6833.

S600 “Guard”

Sebagaimana tercermin pada nama “Guard” yang disematkan, varian S600 ini bukanlah varian biasa. “Guard” adalah varian yang biasa dipakai oleh para sosok VIP yang memerlukan perlindungan keselamatan yang prima. S600 “Guard” disertifikasi dengan tingkat perlindungan balistik tertinggi untuk sebuah kendaraan sipil. Sesuai nama depannya, Mercedes-Maybach S600 menjadi basis pengembangan mobil “armored” ini. Spesifikasi S600 dasar sendiri adalah mesin 523 bhp bi-turbo, 6.0-litre V12. Dengan panjang sekira 5,4 meter, S600 lebih panjang 20 cm dibandingkan mobil long-wheelbase S-Class Saloon.

S600 “Guard”

Dikarenakan berat tambahan dari segala perlindungan yang disematkan, S600 “Guard” memiliki mesin versi “uprated” sehingga performanya meningkat menjadi 530 bhp dan torque sebesar 612 lb ft. Kecepatan maksimum dibatasi secara elektronis menjadi 130 mph.

S600 “Guard”

Pengaruh berat tambahan berkurang karena pemasangan suspensi udara standar dengan variable damper control. Banyak komponen suspensi telah diperkuat atau di-upgrade guna menyiasati pemasangan semua fitur keamanan yang ada. Contohnya, per udara di depan diperkuat, dan as belakang dipasangkan tambahan per-per baja. Rem juga diperkuat dengan six-piston brake caliper yang lebih besar, dan brake disc yang jauh lebih besar di depan, serta perbesaran diameter dari disc belakang.

Memasuki urusan utama: Perlindungan isi mobil. “Guard” telah tersertifikasi untuk menahan peluru inti-baja yang diperkuat, yang ditembakkan senapan serbu, sehingga memenuhi persyaratan perlindungan VR10. Sementara itu “Guard” juga memenuhi rating perlindungan ledakan ERV 2010. Semua perlindungan ini terjadi karena komponen perlindungan dari bahan baja yang diintegrasikan di celah-celah antara struktur badan dan kulit luar, dan juga dengan material yang tumpang tindih di titik-titik kritis, yang diaplikasikan di tahapan naked bodyshell. Bahan perlindungan tersebut terdiri dari aramide ringan dan bahan yang melindungi terhadap serpihan PE.

“Guard” polycarbonate coating

Dapat ditebak, kaca jendela yang ada terlaminasi dan tebal, serta dilapisi polycarbonate pada bagian dalam untuk perlindungan terhadap serpihan. Menengok bagian bawah mobil, tentunya terjadi perkuatan: Hampir semua bagian bawah mobil dilapisi perlindungan tambahan terhadap ledakan.

Apabila terjadi serangan terhadap mobil S600 “Guard”, jangan khawatir: Ban Michelin PAX run-flat dengan tambahan sistem monitor tekanan ban merupakan fitur standar. Berarti, walaupun ban rusak oleh serangan, mobil dapat bergerak 19 mil keluar dari daerah berbahaya.

Bagaimana bila sang pembeli “Guard” menginginkan fitur keamanan tambahan lainnya? Mercedes-Benz menawarkan fitur tambahan opsional seperti sistem alarm panik, pemadam kebakaran dengan aktivasi otomatis, serta sistem udara segar darurat untuk melindungi penumpang dari resapan asap atau gas berbahaya.

S600 “Guard” emergency features

Akhirnya kita tiba di pertanyaan pemuncak: Berapakah harga dari kendaraan “tank sipil” ini? Sekitar €470,000 atau sekira 6,6 milyar Rupiah, belum termasuk PPN. Nominal yang tentunya cukup fantastis, namun tidak mengherankan untuk ukuran keluarga kerajaan salah satu negara terkaya di Timur Tengah.

Mobil Mercedes-Maybach S600 “Guard” ini akan digunakan oleh anggota kerajaan Saudi saat mereka berlibur di Bali selama 5 hari, dari tanggal 4 hingga 9 Maret nanti.

Sumber:
Telegraph 
Topgear 
Business Insider 
Mercedes-Benz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *