You are here
Home > Berita > Indonesia Terima Kiriman Dua Pesawat Airbus Military C295

Indonesia Terima Kiriman Dua Pesawat Airbus Military C295

Indonesia telah menerima dua pengiriman pesawat Airbus Military C295 yang telah dipesan sejak bulan Februari lalu. Pesawat tersebut merupakan pengiriman pertama dari sembilan pesawat yang akan dikirimkan kepada Kementrian Pertahanan Indonesia sesuai dengan kontrak yang telah ditandatangani oleh pihak Airbus Military dan PT Dirgantara Indonesia (PT DI).

Upacara pengiriman berlangsung di lini perakitan akhir pesawat C295, yakni di Airbus Military San Pablo, Seville. Upacara tersebut dihadiri oleh Wakil Menteri Pertahanan Indonesia, Letnan Jendral (Purn.) Sjafrie Sjamsoeddin, dan Airbus Military Vice President Head of Programmes Light & Medium and Derivatives, Rafael Tentor.

Pesawat yang dalam pelayanannya juga dikenal sebagai CN295 ini akan dioperasikan oleh Angkatan Udara Indonesia. Pesawat CN295 akan melakoni berbagai peran baik dalam bentuk layanan militer, logistik, serta misi evakusi kemanusiaan dan medis di seluruh wilayah Indonesia yang mencakup sekitar 17.000 pulau. Penyerahan pesawat kesembilan dan yang terakhir direncanakan akan dilakukan pada musim panas tahun 2014.

Rafael Tentor mengatakan: “Pengiriman pesawat C295 ini merupakan langkah penting bagi kerjasama antara Airbus Military dengan industri penerbangan Indonesia. Tentunya kami sangat berharap untuk dapat meningkatkan kerjasama ini di tahun yang akan datang.”

Hingga kini, Airbus Military telah menjual 114 buah pesawat C295. Setelah memasuki masa layanan, terhitung 88 buah pesawat C295 akan siap beroperasi di 15 negara di dunia.

Tentang C295

Pesawat C295 generasi baru adalah pesawat ideal bagi misi pertahanan dan sipil yang menguntungkan bagi kepentingan masyarakat, seperti aksi kemanusiaan, patroli maritim, dan misi pengamanan lingkungan. Berkat ketahanan, kehandalan, serta sistemnya yang sederhana, pesawat pengangkut berukuran sedang ini termasuk pesawat yang serba guna dan menyediakan fleksibilitas tinggi. Semua ini penting bagi para personel, transportasi pasukan militer dan kargo dalam jumlah besar, evakuasi korban, tugas komunikasi dan logistik, atau proses penurunan barang dari udara yang terjamin. Campuran kemampuan ganda antara teknologi sipil dan peralatan militer dari C295 ini menjamin kesuksesan bagi misi taktis, potensi pertumbuhan untuk peralatan di masa depan, serta kesesuaiannya dengan wilayah udara sipil yang terbaru. Pesawat C295 merupakan bagian dari transportasi pengangkut Airbus Military berukuran ringan dan sedang, yang juga meliputi pesawat C212 dan CN235 yang berukuran lebih kecil.

Tinggalkan Balasan

Top