You are here
Home > Geopolitik > Rusia: Ini Sebab S-300PMU-2 Mandul Hadapi Jet Tempur Israel!

Rusia: Ini Sebab S-300PMU-2 Mandul Hadapi Jet Tempur Israel!

Seperti diberitakan oleh sejumlah media Israel, hasil foto satelit dari perusahaan ImageSat menyebut bahwa sistem artileri pertahanan udara S-300PMU-2 Favorit yang diberikan Rusia kepada Suriah sudah operasional sepenuhnya di Masyaf.

Namun begitu, jet-jet tempur Israel tetap saja melenggang saat mereka melakukan serangan udara yang menyasar wilayah Damaskus dan sekitarnya.

Menurut salah seorang pengamat Rusia bernama Alexey Leonkov saat diwawancarai media “Reporter” berbasis di Moskow, ada kesalahan dalam penempatan sistem S-300PMU-2 tersebut.

Baterai rudal di Masyaf itu disebut-sebut terjebak oleh wilayah pegunungan yang mengelilinginya. Sebagai akibatnya, gelombang radar terhalang gunung dan tidak bisa melihat lengkung kurvatur bumi dan secara efektif tidak bisa mendeteksi jet tempur yang terbang rendah di kejauhan.

Menurut Leonkov, andai radarnya ditempatkan di salah satu puncak gunung atau setidaknya di ketinggian, S-300PMU-2 pasti bisa mendeteksi jet-jet tempur Israel yang terbang rendah.

Leonkov juga menyebut bahwa pelatihan awak yang minim juga bisa menyumbang faktor kenapa sistem senjata Rusia tersebut tak banyak beraksi menghadapi serangan udara, apalagi sistem tersebut belum genap setahun berada di Suriah.

Tinggalkan Balasan

Top