You are here
Home > Geopolitik > Hadapi Rusia, Ukraina Berharap Utang Alutsista Via FMS AS

Hadapi Rusia, Ukraina Berharap Utang Alutsista Via FMS AS

Posisi Ukraina yang terhitung kritis karena harus berhadapan dengan kekuatan Rusia di wilayah Donbas nampaknya dimanfaatkan betul oleh Ukraina. Konflik dijadikan alasan untuk meminta bantuan militer.

Setelah menerima bantuan militer skala besar seperti rudal FGM-148 Javelin, Ukraina melanjutkan belanja alutsistanya, kali ini memanfaatkan fasilitas utang melalui program FMS (Foreign Military Sales).

Menurut Konsul Jenderal Amerika Serikat untuk Ukraina William Taylor, Pemerintah Ukraina untuk pertama kalinya telah mengajukan pembelian perangkat militer melalui jalur FMS yang programnya diampu oleh Departemen Pertahanan AS.

William Taylor menyatakan bahwa Pemerintah AS telah mulai melakukan pemeriksaan terkait persyaratan pengajuan fasilitas tersebut.

Menurut Taylor, Pemerintah Amerika Serikat bahu-membahu dengan Ukraina untuk mendukung integritas territorial dan kedaulatannya, serta reformasi sektor pertahanannya. AS sendiri sudah menyiapkan bantuan sekira 300 juta Dolar AS yang sudah disetujui Kongres untuk membeli persenjataan buatan AS.

Tinggalkan Balasan

Top