You are here
Home > Berita > China Terus Berupaya Akuisisi Pabrik Mesin Pesawat Ukraina

China Terus Berupaya Akuisisi Pabrik Mesin Pesawat Ukraina

China nampaknya terus berupaya menguasai teknologi kunci yang dibutuhkan untuk program-program militernya, salah satunya adalah produksi mesin-mesin pesawat dan alutsista.

Perusahaan bernama Skyrizon alias Bejing Tianjiao Aviation Industry Investment Company tengah berupaya membeli saham di perusahaan Motor Sich, perusahaan Ukraina yang membuat mesin-mesin pesawat.

Produk Motor Sich dapat ditemukan pada pesawat angkut berat seperti An-124-100 Condor dan An-225 Mriya. Kepemilikan atas Motor Sich dapat memberikan China akses yang sangat luas atas teknologi mesin pesawat yang efisien, tanpa perlu sulit riset dalam waktu lama.

Skyrizon saat ini tengah menunggu hasil pemeriksaan dari komite anti monopoli Ukraina, dimana proposal akuisisi diserahkan pada 7 Juni lalu. Apabila disetujui, Skyrizon akan memiliki lebih dari 50 persen saham Motor Sich.

Motor Sich sendiri memasok lebih dari 1.200 mesin pesawat yang saat ini digunakan China. Amerika Serikat sendiri dikabarkan tidak senang dengan prospek bahwa Motor Sich akan dikuasai oleh China, namun dengan putusnya hubungan Ukraina-Rusia, Motor Sich juga kehilangan potensi pendapatan.

Tinggalkan Balasan

Top